berkarir-bekerja

Bekerja dan berkarir. Kalian tahu saya baru mengerti perbedaan dari kedua kata verba tersebut. Bekerja berarti orientasinya uang. Kamu akan rela mendapat tekanan batin dan mental asal dapat uang. Sedangkan, berkarir berarti orientasinya ke hasrat. Kamu memilih berprofesi sesuai dengan minat dan keahlian, tak peduli upah kecil.

Perbedaan kata tersebut saya tahu dari kedua teman saya. Ketika di kampus, mereka bertanya, “Nad, setelah lulus mau berkarir atau bekerja?” setelah mereka menjelaskan perbedaan keduanya, membuat saya berpikir keinginan terdalam. Lalu saya memilih ingin berkarir. Saya ingin hidup sesuai dengan apa yang saya ingini. Begitpun dengan profesi yang akan saya geluti kelak. Semuanya harus dimulai dari hati. Semoga saya bisa mencapai masa itu sesuai dengan harapan, ya.

Lalu, apa hasrat saya? Saya suka menulis. Tapi, saya sadar semua orang banyak yang menyukai menulis. Coba kamu masuk ke dalam  suatu komunitas yang memiliki minat yang sama, kamu akan lihat jumlah anggota yang mencapai ribuan. Terkadang hal itu membuat saya minder. “Apa bisa saya terjun ke dunia tulis-menulis?” Mereka memiliki karya yang hebat. Saya masih jauh tertinggal. Apa bisa saya menjadi penulis?

Seperti Ernest Hemingway, penulis tahun 20-an. Ia memiliki banyak teman penulis yang terkenal di zamannya. Tapi ia tidak menyerah dan hingga sekarang karyanya masih abadi.  Keseriusannya dalam menulis mampu membawa hasil. Keren! ia seperti hidup dan mati untuk menulis. Dan dia seperti guru buat saya, menulis dan menulis terus. Ia tetap berusaha dan tak peduli penuli-penulis yang saling berlomba membuat karya terbaik.

Perilaku Ernest yang memiliki komitmen kuat dalam menulis akan saya contoh. Saya akan tetap berusaha untuk terus berlari dalam track menulis. Ini salah satu cara membentuk karakter. Walaupun pada akhirnya karya saya tidak dapat disamakan dengan Ernest :p

Jadi, saya memilih untuk berkarir menjadi seorang penulis. Ya, semoga saya bisa menjadi penulis naskah film atau menjadi novelis. Apapun yang datangnya dari hati, hasilnya pasti menyenangkan. Semoga.

Leave a Reply

